Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Wisata Alam di Yogyakarta

Ada banyak referensi wisata alam di Yogyakarta yang asyik dikunjungi. Dimana destinasinya selain menawarkan keindahan alam dengan spot foto instagramable, juga menjanjikan keseruan atraksi menantang.

Musim liburan segara tiba, punya rencana mau jalan-jalan kemana? Jika Anda senang mengunjungi tempat rekreasi bertema nature. Cobalah pergi traveling ke Jogja. Daerah berjuluk Kota Pelajar ini selain kaya akan sejarah dan budaya, juga dikenal memiliki banyak destinasi menarik terutama wisata alamnya. Yang jelas otentik banget, sesuai ekspektasi.

Berikut 5 Wisata Alam di Yogyakarta Yang Direkomendasikan:

1. Wisata Alam Kalibiru (Kulonprogo)

Bertolak ke Kulonprogo, menuju Kalibiru National Park. Pemandangan alamnya ikonik banget, paling diincar traveler adalah spot foto rumah pohon Kalibiru dengan latar waduk Sermo dan pegunungan Menoreh. Disamping itu, udara sejuk gunung pun dapat Kamu rasakan, dan suasananya enak dijadikan tempat refreshing. Bila Anda Suka adventure, tersedia wahana outbound flying fox hingga naik Jeep Off-Road 4WD. Terus ketika senja, menanti datangnya sunset cantik. Letak Wisata Alam Kalibiru di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo.

2. Gunung Api Purba Nglanggeran (Gunungkidul)

Ekowisata Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran ini menawarkan beragam tema atraksi. Dari ketinggian puncak gunung, Kalian dapat menantap indahnya landscape alam. Sedangkan atraksi seru yang dapat dilakukan diantaranya trekking, camping, flying-fox dan rock climbing. Jika tertarik agrowisata hortikultura ada kebun buah durian, klengkeng, kakao cokelat dan sawah terasering. Juga farm trip membajak sawah, menanam padi, hingga memanen. Terkadang festival budaya digelar seperti merti desa, tari, gamelan, wayang, dan lainnya. Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patok, Kabupaten Gunungkidul.

3. Goa Pindul (Gunungkidul)

Spot cave tubing di Jogja itu Goa Pindul. Wisata alam di Gunungkidul ini menyajikan serunya petualang telusur sungai di dalam goa dengan menggunakan ban karet. Rasakan bagaimana sensasi mengeksplor goa, juga pandangan Kalian akan dimanjakan stalagmit dan stalagtit eksotis. Cukup menantang adrenalin memang, rasakan juga cliff jumping loncat terjun ke air. Letak Goa Pindul di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

4. Gunung Merapi (Sleman)

Beranjak ke utara Yogya, wilayah Sleman terdapat Gunung Merapi. Pemandangan landscape Gunung Merapi indah banget, view paling diincar traveler. Melihat sisa-sisa kedasyatan Merapi, mengunjungi museum, banker, goa Jepang, batu alien hingga sungai besar jalannya lahar. Sekarang yang masih menjadi favorit turis adalah Tour Lava Merapi, bagaimana rasanya naik Jeep Off-Road mengeksplor lereng Gunung Merapi. Atau memilih atraksi trekking, camping atau mendaki gunung. Silahkan saja.

5. Goa Jomblang (Gunungkidul)

Keindahan cahaya surga Goa Jomblang memang merupakan salah satu keajaiban di Gunung Sewu geopark. Goa Jomblang ini merupakan goa vertikal, terbentuk akibat proses amblasnya tanah ke dasar bumi. Itu tanahnya amblas beserta vegetasinya, fenomena tersebut terjadi pada ribuan tahun yang lalu. Ingin melihat lebih dekat, Anda mesti menuruni lubang goa raksasa itu, langkah awal rafling ke bawah kemudian akan menjumpai hutan purba. Selanjutnya melewati jalan setapak memasuki goa besar, barulah sampai dilokasi dimana cahaya surga itu berada. Viewnya menakjubkan. Lokasi Goa Jomblang di Dusun Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul.

Semuanya baguskan! Pilih salah satu, langsung traveling?