Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Wisata Edukasi di Yogyakarta

Ada banyak pilihan wisata edukasi di Yogyakarta yang dapat Kamu kunjungi. Semua destinasi yang ditawarkan mencerdaskan sekaligus menambah wawasan. Yang jelas, rekomendasi banget.

Lembaran baru musim liburan telah tiba, punya rencana mau traveling kemana? Jika Kamu senang destinasi bernuansakan mendidik sekaligus menambah pengetahuan, pergilah jalan-jalan ke Yogyakarta. Tahu kenapa, karena disana ada banyak pilihan wisata edukasi yang asyik dikunjungi. Tempat rekreasinya menjanjikan, cocok untuk liburan keluarga bersama anak.

Berikut 7 Wisata Edukasi di Yogyakarta Yang Direkomendasikan:

1. Museum Keraton Yogyakarta

Selain bisa mengenal sejarah dan budaya Jawa, Kamu juga akan tahu bagaimana arsitekstur bangunan Keraton. Ada banyak koleksi Museum Keraton Yogyakarta yang bisa Kamu lihat seperti pusaka, keris, lukisan, dan benda bersejarah lainnya. Juga ada atraksi kultural dipentaskan seperti Gamelan Karawitan, Wayang, tari tradisional Jawa, dan Mocopat. Letak Keraton Yogyakarta di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

2. Taman Pintar

Tepat sekali dijadikan destinasi untuk liburan keluarga bersama anak. Taman Sari ini tempat rekreasi sekaligus wisata edukasi. Spot wahana edukasinya unik, coba deh eksplor satu persatu, rasakan bagaimana keseruannya. Ada taman bermain, gedung memorabilia, oval, aquarium, kotak, paud, planetarium, dan banyak lagi. Ini sangat menghibur sekaligus mencerdaskan. Letak Taman Pintar di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta.

3. Museum Gunungapi Merapi

Dibangun sejak tahun 2005 dan diresmikan pada 2009. Museum Gunungapi Merapi ini dijadikan sarana pendidikan, informasi tentang kegunungapian dan bencana geologi lainnya. Bentuk arsitektur bangunan unik, kerucut menyerupai gunung api. Ada banyak wahana disana seperti diorama, mini bioskop, spot foto dan taman. Letak Museum Gunungapi Merapi di Jl. Kaliurang Km 22, Dukuh Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

4. Baron Techno Park

Baron Techno Park (BTP) merupakan kawasan konservasi energi dan wisata edukasi berupa jam matahari. Pantai Baron mempunyai potensi sumber daya Energi Baru Terbarukan (EBT) seperti gelombang laut, matahari, angin, dan biomasa. Sedangkan Baron Techno Park ikonik sama jam matahari yang berada di atas bukit pantai Baron. Jam Matahari ini sebagai penunjuk waktu dan dijadikan media pembelajaran. Letak Baron Techno Park di Dusun Ngresik, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul.

5. Museum Gumuk Pasir

Parangtritis Geomarine Science Park atau Museum Gumuk Pasir hadir sebagai laboratorium geospasial pesisir Parangtritis dan menyimpan berbagai benda yang berkaitan dengan ekosistem pesisir pantai seperti berbagai jenis batuan, pasir, herbarium, dan tersedia ruang audio visual yang nyaman untuk mengenal dan memahami gumuk pasir. Letak Museum Gumuk Pasir (Parangtritis Geomarine Science Park) di Pantai Depok, Desa Parantritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

6. Museum Sonobudoyo

Dibangun pada tahun 1924, Museum Sonobudoyo terbagi menjadi 2 unit. Letak Museum Sonobudoyo Unit I di Jl. Pangurakan No. 6, kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Sedangkan letak Museum Sonobuyo Unit II di Jl. Wijilan No. 27D, Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda kesenian dan kebudayaan. Seperti keris, arca, artefak, gamelan, wayang, dan banyak lagi.

7. Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta

Di museum militer ini Anda bisa mengenal sejarah dirgantara Indonesia dan koleksi alutsista pesawat terbang mulai dari jet hingga helikopter. Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala Yogyakarta ini edukatif sekali, karena pengunjung dapat mengetahui berbagai jenis Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata) pesawat terbang dan tahu sejarah dirgantara di Indonesia. Letak Museum Dirgantara Mandala di Komplek Pangkalan TNI Lanud Adisutjipto, Jl. Raya Janti, Dukuh Karangjambe, Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul.