Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Wisata Tematik di Jogja

Ada banyak obyek wisata tematik di Jogja yang asyik dikunjungi. Beragam destinasi mulai dari yang menyuguhkan indahnya pemandangan alam, spot foto instagramable unik hingga atraksi seru menantang.

Musim liburan dan akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk jalan-jalan. Namun bingung mesti harus pergi kemana? Bagaimana kalau pergi traveling ke Yogyakarta. Daerah berjuluk Kota Budaya ini memiliki banyak sekali referensi tempat wisata tematik. Selain menjanjikan keindahan spot dan serunya atraksi, pilihan tema destinasinya pun beragam. Apa sajakah itu?

Berikut 5 Wisata Tematik di Jogja Yang Direkomendasikan:

1. Hutan Pinus Mangunan (Bantul)

Obyek wisata ini menawarkan keindahan hutan pinus dan disetiap sudutnya dihiasi beraneka ragam dekorasi artistik unik. Selain syarat akan spot instagramable, juga udaranya sejuk dan suasananya tepat dijadikan tempat refreshing. Termasuk untuk aktivitas adventure seperti camping, trekking dan outbound flying fox. Destinasi paling populer yang menjadi incaran traveler diantaranya Pinus Dlingo, Taman Seribu Batu Songgo Langit, Rumah Hobbit, Pintu Langit Dahromo Dlingo, Kaki Langit, Bukit Panguk, Pinus Pengger, Puncak Becici dan lainnya.

2. Kalibiru (Kulonprogo)

Destinasi di wilayah Kulonprogo ini menampilkan landscape alam ikonik mengagumkan. Wisata Alam Kalibiru terkenal dengan spot Pegunungan Menoreh dan Waduk Sermo. Spot favorit yang diincar oleh para pelancong adalah berfoto di rumah pohon dengan latar waduk dan perbukitan. Kalibiru Lantai II diperuntukkan bagi mereka yang muda semangat, sementara Kalibiru Lantai I buat kenyamanan rekreasi keluarga. Selain itu, juga ada wahana outbound flying fox, dan off-road jeep petualangan menjelajah sekitar kawasan.

3. Tebing Breksi (Sleman)

Terletak di daerah Prambanan, dekat dengan Candi Ijo dan Situs Ratu Boko. Dulu Tebing Breksi Cultural Park ini merupakan bekas tambang batu yang kemudian dikembangkan menjadi destinasi seperti sekarang ini yang ramai disambangi traveler. View menarik ukiran relief wayang pada dinding batu tebing, tangga berukirkan naga, dan dari atas bukit Anda dapat melihat pemandangan alam bagus, termasuk sunset. Sedangkan di panggung terbuka Telatar Seneng untuk pentas kesenian dan budaya. Jika Anda menyukai atraksi menantang, juga bisa mencoba naik jeep off-road mengeksplor area.

4. The World Landmarks Merapi Park (Sleman)

Berlokasi di Jl. Kaliuran Km 22, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Jikalau Anda berburu tempat wisata untuk berfoto selfie ataupun ngevlog, The World Landmarks bisa menjadi pilihan. Taman indah ini menyajikan beragam miniatur bangunan landmark dunia seperti Menara Eifel, Candi Borobudur, Piramida, Patung Liberty, Big Ben, Menara Pisa, Colosseum, dan lain sebagainya. Tidak hanya mini replika landmark dunia saja, tetapi juga taman bunga warna-warni cantik dan view pemandangan alamnya menawan hati.

5. De Arca Statue Museum dan De Mata Trick Eye Museum (Kota Yogyakarta)

Kedua museum tersebut letaknya di XT Square, Jl. Veteran No. 151, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. De Arca Statue Museum menyuguhkan patung lilin tokoh figur terkenal dunia seperti Soekarno, Albert Einstein, Adolf Hitler, Michael Jackson, dan lain-lain. Sedangkan De Mata Trick Eye Museum menampilkan lukisan 3D mengesankan, beraneka spot foto unik artistik yang siap memanjakan pandangan Anda. Jika Kamu berburu obyek wisata instagramable, ya disinilah tempatnya.